Membuat dan Mengedit Posting

A. Membuat Posting Baru
 Klik menu “Posts” lalu pilih sub menu “Add New” lalu di bagian tengah akan muncul kotak text editor tempat anda menulis postingan/artikel anda.
Membuat dan Mengedit Posting
 Ketik judul postingan di kotak isian judul
(1) dan buat artikel di kotak isian text editor di bawah
(2). Perhatikan bahwa di kotak text editor tersebut telah tersedia tombol-tombol sebagai shortcut,
tombol-tombol ini untuk memudahkan anda mengedit tulisan / artikel seperti layaknya di program pengolah kata Microsoft Word
(3). Bila anda mahir mengetik di Word, tentunya anda akan sangat mudah mengedit tulisan di wordpress.

 Kemudian anda lihat di sebelah kanan tersedia tombol “Save Draft” (4) yang berfungsi menyimpan tulisan anda yang belum mau dipublikasikan (ditampilkan di blog). Juga ada tombol“Preview” yang berfungsi untuk melihat pratinjau / melihat postingan sebelum dipublikasikan sehingga pada saat artikel dipublikasikan tidak ada lagi yang salah, entah salah ejaan atau salah penempatan. Anda juga dapat menjadwal kapan postingan anda di tampilkan di blog ( publish immediately )

 Jangan lupa untuk selalu menambahkan tag atau keyword
(5) yang berhubungan dengan isi postingan anda serta memilih kategori yang sesuai dengan postingan yang dibuat
(6) sebelum menekan tombol “Publish”
(7) untuk menampilkan tulisan anda di blog.

Membuat dan Mengedit Posting
B. Memasukkan Gambar
 Untuk memasukkan gambar ke dalam postingan, tempatkan kursor di tempat di mana anda ingin menempatkan gambar tersebut. Lalu klik tombolUpload/Insert media dengan memilih tipe media yang ingin anda tampilkandi blog. Sebagai contoh saya ingin memasukkan gambar cover e-book, maka saya mengklik icon “add an image” seperti pada gambar berikut:
Membuat dan Mengedit Posting
 Setelah anda mengklik “add an images”, maka anda akan dibawa ke menu upload. Cari dan tekan select file , cari file yang akan di upload lalu tekan ok / open maka secara otomatis file gambar akan mulai di upload.
Membuat dan Mengedit Posting

Membuat dan Mengedit Posting
Membuat dan Mengedit Posting
 Anda bisa mengedit deskripsi file gambar agar gambar tersebut mudah ditemukan di mesin pencari. Atur dimana ingin anda tempatkan file gambar dengan memilih Left (kiri), Center (tengah), atau Right (kanan). Klik tombol “Insert into Post” untuk memasukkan file gambar tersebut di dalam postingan anda. Secara otomatis gambar akan muncul di text editor seperti pada gambar berikut :
Klik disini untuk insert image ke dalam post
Membuat dan Mengedit Posting
C. Menambahkan hyperlink
 Untuk menghubungkan halaman satu dengan halaman yang lainnya kita memerlukan bantuan dari tools Hyperlink, menu ini sangat mudah di gunakan, kita cukup klik dan memasukkan halaman yang ingin kita hubungkan dengan blog. Caranya, blok kata,kalimat atau gambar yang ingin di-hyperlink lalu klik icon hyperlink (akan terbuka jendela Insert/edit link) lalu masukkan alamat URL (situs) yang dituju. Contoh disini saya akan menghubungkan gambar E-book, ke halaman depan / beranda www.bikinbloggratis.co.tv
Membuat dan Mengedit Posting
 Terakhir sebelum publikasi, jangan lupa untuk selalu mencentang kategori yang sesuai dengan artikel/tulisan yang anda posting tersebut, agar tulisan anda berada pada kelompok artikel yang sesuai. Jangan lupa pula mengisi tag yang juga berfungsi agar blog anda lebih bersahabat dengan mesin pencari (SEO).
Membuat dan Mengedit Posting

Share on Google Plus

About HASAN SHADIQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment